Tips Mudah Merawat Suspensi Sepeda Motor, Dijamin Tahan Lama

Hai sobat blog…

Siapa nih yang bingung cara merawat suspensi sepeda motor?

Suspensi atau lebih dikenal dengan shockbreaker sepeda motor merupakan salah satu komponen penting yang harus selalu dirawat. Sebab, suspensi ini sangat berperan agar sepeda motor tidak menerima terlalu banyak beban akibat goncangan yang terjadi.

Meski begitu, tak sedikit para pemilik motor yang cenderung bingung dalam merawat suspensi dan lebih memusatkan perawatannya pada bagian mesin atau body motor saja.

Padahal, merawat suspensi motor merupakan suatu keharusan untuk dijaga agar menciptakan kestabilan selama berkendara. Selain itu, merawat suspensi motor juga terbilang cukup mudah dibandingkan dengan merawat mesin motor.

Lantas, bagaimana cara merawat suspensi sepeda motor? Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Tips Mudah Merawat Suspensi Sepeda Motor

1. Hindari jalan rusak

Jalan yang tidak rata atau berbatu bisa memberikan beban tambahan bagi suspensi. Jika Terlalu sering melewati jalan seperti itu, tentu saja akan berdampak pada usia suspensi.

Namun begitu, jika Anda terpaksa melewati jalan yang tidak rata, Anda harus berkendara dengan ekstra hati-hati dan mengurangi kecepatan agar dapat membantu meringankan kerja suspensi.

2. Perhatikan kebersihan Suspensi

Posisi suspensi yang sangat dekat dengan ban sepeda motor dapat menyebabkan kotoran sering menempel pada suspensi. Jika hal itu sering dibiarkan, akan berakibat pada lecetnya inner tube atau batang suspensi yang berujung pada kebocoran,

Untuk itu, sebaiknya Anda mencuci motor secara berkala dan bersihkan area suspensi dengan seksama. Jika kehujanan segera bilas atau cuci motor dan pastikan juga area suspensi aman. Sifat korosi air hujan bisa merusak suspensi secara perlahan-lahan.

3. Mengganti oli suspensi secara rutin

Penggantian oli suspensi bagian depan biasanya dilakukan setiap 15.000-20.000 km/1,5 - 2 tahun pemakaian motor (mana tercapai terlebih dahulu). Namun jika beban bawaan selalu berat atau Anda sering melewati jalan tidak rata, gantilah oli suspensi Anda.

4. Hindari membawa beban yang terlalu berat

Sepeda motor memiliki batas maksimal beban yang diizinkan sesuai dengan buku petunjuk pemilik. Jika terpaksa membawa beban berlebih, maka performa motor Anda tentu saja akan berkurang secara signifikan.

Salah satu fungsi yang terganggu akibat bawaan beban yang terlalu berat adalah fungsi suspensi. Suspensi akan bekerja lebih keras saat beban yang dibawa melebihi kapasitas maksimal.

5. Tidak memasang aksesoris/memodifikasi suspensi

Aksesoris yang umum dipasang pada suspensi biasa disebut anting. Pemasangan anting ini membuat bagian belakang motor tampak meninggi. Perlu diketahui, ternyata pemasangan anting ini justru membuat suspensi tidak bisa bekerja maksimal. Bahkan dalam beberapa kasus penambahan aksesoris dan modifikasi suspensi ini menjadikan suspensi tidak berfungsi sama sekali bahkan suspensi bisa patah.

Nah, segitu dulu ya seputar informasi terkait tips dalam merawat suspensi sepeda motor. Setelah ini, suspensi kamu akan lebih awet sehingga lebih stabil saat membawa kendaraan. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Punya Sepeda Motor Yang Irit Besin? Ini Tipsnya

Wajib Tahu! Ini Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Terus Menyala

Tips Modifikasi Motor Untuk Pemula yang Wajib Diketahui