Suka Memakai Knalpot Knalpot Racing? Ketahui Dampak Buruknya

Knalpot racing kini menjadi tren dikalangan anak muda, baik pada kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan harapan membuat kendaraan mereka mengelurkan suara yang lebih sporty.

Namun sebenarnya, memasang knapot racing pada motor dapat menimbulkan dampak buruk bagi motor.

Memasang knalpot racing dapat memengaruhi tenaga, performa dan kecepatan pada motor, namun hasilnya tidak signifikan.

Malah bila ditelusuri lebih dalam, banyak terdapat hal negatif  yang perlu menjadi perhatian pemilik kendaraan bermotor.

Lantas, apa saja dampak buruk knalpot racing pada kendaraan? Di bawah ini kami telah merangkum beberapa jenis knalpot racing dan dampak-dampak buruknya. Yuk ikuti ulasan kami berikut!

Jenis-Jenis Knalpot Racing Yang Paling Popular

Sebelum kita membahas akibat buruk dari pemakainan knalpot racing pada motor, berikut daftar knalpot racing yang paling sering ditemukan dijalanan :

-Knalpot racing satria fu

-Knalpot racing beat

-Knalpot racing mobil

-Knalpot racing vario 150

-Knalpot racing jupiter z

-Knalpot racing nmax

-Knalpot racing mio

-Knalpot racing vixion

Dampak Buruk Knalpot Racing Pada Motor

Penggunaan knalpot racing pada motor tidak hanya mengakibatkan kerusakan motor kamu, tetapi juga bisa merobek kantong kamu. Berikut dampak buruk knalpot racing pada motor yang perlu kamu ketahui :

1. Settingan motor menjadi kacau

Pemasangan knalpot yang tidak tepat dapat menggangu settingan performa pada motor.  Sebab, gas buang yang dihasilkan tidak sesuai oleh program ECU yang dapat penyebabkan tenaga ngempos.

Alangkah baiknya apabila ingin mengganti knalpot motor, kamu perlu melakukan penyesuaian ulang dengan menggunakan scan komputer.

2. Boros BBM

Dampak yang kedua adalah boros BBM. Ini merupakan hal negative yang harus kamu tanggung ketika mengganti knalpot racing. Karena hal itu berimbas pada pasokan bahan bakar. Sebenarnya terdapat dua hal yang menjadikan motor menjadi boros jika menggunakan knalpot racing.

-Knalpot racing memiliki efek cepet panas sehingga bensin yang disalurkan menjadi lebih banyak.

-Dari segi psikologis, umumnya pemilik yang memakai knalpot racing akan sering menarik gas dalam-dalam untuk menghasilkan suara gahar yang dihasilkan.

3. Ausnya komponen

Knalpot racing memiliki tingkat getaran yang tinggi. Maka dari itu, getaran yang berangsur lama dapat membuat komponen tersebut menjadi aus. Terutama karet-karet yang berguna untuk meredam getaran seperti mounting pada swingarm.

4. Garansi pabrikan hangus

Bagi pemilik motor baru wajib berhati-hati karena motor pabrikan sudah mengeluarkan garansi yang terdapat syarat dan aturan yang berlaku.

Di mana pemasangan komponen yang tidak sesuai dengan pabrikan akan membuat garansi hangus. Maka dari itu, jika motor baru terjadi kerusakan bukan merupakan tanggung jawab pihak pemegang merk.

5. Ditilang polisi

Kepolisian mulai  ganas memberlakukan peraturan tentang penggunaan knalpot racing. Bukan hanya mengganggu kenyamanan pengendara lain saja, tapi juga dapat menimbulkan polusi udara dan berbahaya ecterjadi kelakaan lalu lintas.

Maka dari itu, kegiatan tersebut merupakan bentuk tugas kemanusiaan dari pihak kepolisian.

Pengendara motor yang memakai knalpot racing akan dikenakan sanksi kurungan paling lama satu bulan atau denda minimal Rp250.000 sesuai dengan pasal 285 ayat 1 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Nah, itulah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan oleh knalpot racing yang perlu kamu ketahui. Maka dari itu, berfikir dulu sebelum menggunakan knalpot racing pada kendaraan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Punya Sepeda Motor Yang Irit Besin? Ini Tipsnya

Wajib Tahu! Ini Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Terus Menyala

Tips Modifikasi Motor Untuk Pemula yang Wajib Diketahui