Sering Matikan Sepeda Motor Pakai Standar Samping? Ini dampak Negatifnya!


Apa kamu pengguna sepeda motor? Tahukah kamu kegunaan dari setiap bagian yang ada di kendaraan bermotormu, salah satunya standar sepeda motor? Simak penjelasan berikut.


Fitur yang disematkan pada sepeda motor semakin memanjakan para pengendara. Namun terkadang, banyak pengendara yang salah dalam penggunaanya. Salah satunya adalah fitur Side Stand Switchaat.


Dapat dikatakan, fitur ini merupakan salah satu piranti keselamatan. Pada bagian pangkal standar, dihubungkan dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis. Saat standar samping digunakan, mesin motor tidak akan bisa dinyalakan sehingga mengurangi potensi kecelakaan karena tuas gas terputar.  


Side Stand Switchaat ini banyak ditanamkan pabrikan pada sepeda motor matic dengan tujuan agar pengendara tidak lagi lupa mengangkat standar samping sewaktu akan berkendara. Namun kenyataannya, saat ini banyak bikers yang justru memanfaatkan piranti keselamatan ini untuk mematikan mesin sepeda motor matic setelah selesai berkendara, yang seharusnya memutar kunci kontak.


Menurut salah satu Kepala Bengkel sepeda motor kenamaan, kebiasaan mematikan mesin sepeda motor matic dengan menurunkan standar samping akan berdampak negatif pada sepeda motor dikemudian hari. Pada sepeda motor matic saat ini, komponen yang butuh kelistrikan seperti headlamp dan spidometer tidak akan langsung mati saat standar samping diaktifkan.


Jika pengguna tidak langsung memposisikan kontak ke Off ketika mesin dimatikan dengan standar samping, dapat membuat pengisian arus ke aki jadi terhenti yang akhirnya mengakibatkan daya pada aki cepat terkuras.


Untuk mencegah hal itu, disarankan dalam mematikan mesin sepeda motor matic sebaiknya dengan memutar kunci kontak, tidak hanya pakai standar samping. Seluruh komponen yang menyedot listrik akan ikut mati dan tidak membebani kinerja aki ketika mesin dimatikan dengan memutar kunci kontak.


Dengan begitu, aki yang soak dapat diminimalisir. Perlu diingat juga, kebiasaan mematikan mesin sepeda motor matic dengan menurunkan standar samping juga menyangkut aspek keamanan. Karena, sepeda motor yang ditinggalkan dalam posisi kunci kontak on, memiliki potensi besar untuk dicuri.


Jadi jangan berpikiran bahwa apa yang ada di bodi sepeda motor milikmu tidak ada gunanya. Semua itu sudah diperkirakan sebelumnya oleh pihak pabrik atau pengembang. Ingat, keselamatan diri sendiri itu sangat penting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Punya Sepeda Motor Yang Irit Besin? Ini Tipsnya

Wajib Tahu! Ini Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Terus Menyala

Tips Modifikasi Motor Untuk Pemula yang Wajib Diketahui