Tips Modifikasi Motor Untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Tips Modifikasi Motor Untuk Pemula


Tips Modifikasi Motor - Jika sobat belum terbiasa dengan modifikasi sepeda motor, ada semacam aturan tidak tertulis untuk pemula, yaitu mulai lah dari hal-hal sederhana atau mudah. Sebagai seorang pemula, sobat dapat mencoba memodifikasi sepeda motor dalam bentuk sederhana, mudah dan ramah di dompet sobat.

Namun, sebelum bergerak maju, ada hal terpenting yang harus kita pertimbangkan, modifikasi motor tidak boleh melanggar aturan. Dalam hal ini, Lalu Lintas Jalan dan Hukum Transportasi, Pasal 277 Hukum No.22/2209.

Dalam peraturan ini, kami tidak diizinkan untuk memodifikasi kendaraan, sehingga mengubah jenisnya. Karena jika melanggar, tentu saja, itu akan membahayakan pengemudi dan orang lain di jalan karena tidak sesuai dengan standar.

Lalu, bagiamana cara memodifikasi motor dengan benar khusus untuk pemula?

Jangan khawatir sobat, berikut ini kami menyediakan 5 tips modifikasi motor untuk pemula yang wajib sobat ketahui agar tidak salah jalan. Yuk disimak!

1. Pilih Aliran Modifikasi

Bagi kamu yang belum tau nih, terdapat beberapa tren aliran modifikasimotor seperti vintage, klasik retro, café racer, chopper, bobber, Thailook, Babylook, dan masih banyak lainnya.

Jika tidak ingin menghabiskan banyak budget namun ingin motor terlihat cantik, kami sarankan sobat untuk memodifikasi motor dengan sederhana saja seperti vintage atau klasik retro.

2. Jangan Bongkar Mesin

Terlepas dari aliran modifikasi motor apa yang sobat sukai, ada satu hal yang benar-benar penting untuk diketahui, yaitu jangan pernah sekali-sekali mencoba membongkar mesin atau merubah-rubah sesuatu yang ada di dalam mesin kendaraan.

Mengapa demikian? Karena mesin adalah struktur motor yang sangat sensitif. Salah-salah bongkar, bisa berisiko tinggi terhadap rusaknya mesin secara keseluruhan.

Modifikasi mesin sebaiknya mempertahankan keamanan penggunaan juga dan tetap mempertahankan fungsi dari setiap mesin yang ada.

3. Memasang Stiker

Setiap sepeda sebenarnya sudah terpasang stiker pada bagian bodinya. Namun, tampilan tersebut sangat membosankan karena semua orang bisa memilikinya.

Kita pun bisa banget nih mengubah atau memodifikasi bagian tersebut dengan menempel stiker-stiker keren di bagian-bagian tertentu pada sepeda motor.

Di dunia modifikasi, baik itu untuk kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat, pasti sering mendengar istilah cutting sticker dan decal.

Nah, keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu, mempercantik penampilan kendaraan melalui stiker. Tetapi kedua stiker berbeda dalam materi dan proses pencetakan.

Cutting Sticker biasanya ditempelin terlebih dahulu di badan mesin, kemudian, setelah itu, dipotong untuk menyesuaikan bentuk tubuh kendaraan. Sementara decal memiliki pola desain yang telah ditetapkan di komputer. Kita hanya perlu meletakkan stiker, tanpa mengganggu kita untuk memotongnya.

Tips modifikasi motor ini penting untuk sobat ketahui dan gunakanlah stiker dalam batas normal.

4. Ganti Knalpot

Jika sobat ingin mengubah tampilan knalpot, ada baiknya memperhatikan kualitas. Kualitas knalpot akan menghasilkan suara lembut.

Pilihlah jenis knalpot yang juga memiliki sirkulasi udara baik dan meningkatkan torsi motor sehingga tidak mengganggu kinerja.

5. Menambah Aksesoris

Setelah semuanya sudah dijalankan, tips modifikasi motor selanjutnya adalah memasang aksesoris tambahan yang bisa bikin motor sobat menjadi lebih keren.

Pililah aksesoris yang sesuai dengan selera sobat, namun tetap perhatikan anggaran pembelian. Karena banyak aksesoris yang dijual itu harganya sangat mahal, bahkan melebihi harga sepeda motor itu sendiri.

6. Pasang Lampu LED

Nah, untuk membuat tampilan sepeda motormu menjadi lebih keren, kamu bisa memasang lampu LED motor terbaik biar terkesan lebih modern.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kecocokan jenis lampu LED dengan motor yang kamu punya ya!

7. Pilih Tempat Modifikasi Terpercaya

Mungkin dalam beberapa bagian, sobat bisa melakukan modifikasi motor sendirian. Tetapi ada saja part-part yang sulit untuk dikerjakan sendirian.

Maka dari itu, sobat perlu memilih tempat modifikasi motor terpercaya untuk mengubah tampilan tunggangan sesuai selera sobat.

Jangan tergiur dengan harga yang murah, para pelaku modif biasanya sudah tau bahwa banyak tempat modif yang bekerja ala kadarnya saja alias acuh tak acuh.

Banyak masalah yang bisa ditemui jika kamu salah bengkel, seperti kurang baut, rusaknya bagian tertentu pada sepeda motor, hingga motor mati total.

Nah, itulah enam tips modifikasi motor untuk pemula yang wajib diketahui untuk mengubah tampilan tunggangan menjadi lebih keren. Tanamkan baik-baik ya dan sampai bertemu kembali di artikel-artikel otomotif selanjutnya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Punya Sepeda Motor Yang Irit Besin? Ini Tipsnya

Wajib Tahu! Ini Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Terus Menyala